Sabtu, 17 Desember 2011

FAKTA SERIGALA


Nama             : Serigala Ethiopia
Habitat           : Pegunungan di Ethiopia
Makanan       : Kelinci dan tikus gunung
Tinggi             : 65-80cm
Panjang         : 130cm
Warna            : merah terang-berbalut coklat dengan putih pada daerah leher
Karakeristik   : Dapat berlari cepat hingga mencapai 65 km/jam

Serigala selalu memiliki reputasi yang buruk, khususnya dalam cerita anak-anak atau dongeng. Sebagian menilai demikian karena serigala memburu dan membunuh semua hewan untuk dijadikan makanannya, selain banyak orang takut akan suara lolongan keras yang mereka buat. Pada kenyataannya, serigala adalah hewan yang senang bermain dan yang paling penting, serigala membunuh hewan kecil untuk dimakan atau merusak tanaman pangan.
            Salah satu serigala yang paling langka adalah serigala Ethiopia. Dulu hewan cantik ini berjumlah hingga lebih dari ratusan ekor di Taman Nasional Bale Mountains, Ethiopia. Sekarang jumlah serigala hanya ada kurang dari 500 ekor. Beberapa alasan mengapa serigala Ethiopia terancam yaitu karena habitatnya semakin berkurang. Mereka terkena penyakit seperti rabies yang ditularkan oleh hewan peliharaan.
            Seorang ahli konservasi dari Argentina, Claudio Sillero Zubiri yang dulunya bekerja sebagai seorang dosen di Universitas Oxford, Inggris membantu melindungi serigala Ethiopia dari kepunahan setelah mempelajari tentang serigala Ethiopia yang terancam punah. Dia merasa prihatin dan bergabung dalam program Konservasi Serigala Ethiopia. Saat ini dia bekerja dengan para penyelamat di Konservasi Ethiopia untuk  beberapa tahun yang bermarkas besar di Dinsho, 12 jam dari Addis Ababa, Afrika.
            Baru-baru ini saat di wawancarai oleh salah satu stasiun televisi, Claudio menjelaskan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk melindungi habitat serigala, mendukung perkembangbiakan serigala, dan mengontrol pencegahan atau penyembuhan penyakit dengan vaksinasi, serta memberi pengertian kepada masyarakat setempat tentang pentingnya perlindungan serigala dari kepunahan.
            Semakin lama program yang dijalankan oleh Konservasi Serigala Ethiopia pun menuai sukses, saat ini jumlah serigala pun sudah mulai bertambah. Claudio mengatakan dia yakin bahwa serigala Ethiopia akan bertahan hidup hingga abad 21. Menurut Claudio, “konservasi bukan sekedar berbicara tentang serigala, tetapi ini semua tentang masa depan planet ini”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar