Jumat, 04 Mei 2012

terumbu karang


Terumbu Karang
Terumbu karang merupakan sekumpulan hewan karang yang berada di pinggir pantai atau masih terkena cahaya matahari, sekitar 50 m dibawah permukaan laut, namun sebagian dapat hidup didalam laut yang tidak terkena cahay matahari. Hewan karang ini bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga.
Koloni karang ini dibentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebut Polip. Hewan ini  memiliki tubuh seperti tabung dengan mulut dibagian atas yang dikelilingi oleh tentakel. Selain itu hewan ini memiliki bentuk yang unik dengan warna yang beraneka ragam serta dapat menghasilkan CaCO3. Terumbu karang merupakan habitat bagi spesies tumbuhan laut, hewan laut, dan mikroorganisme laut lainnya.
Terumbu karang membutuhkan kondisi lingkungan hidup pada suhu hangat diatas 200C pada lingkungan perairan yang jernih dan tidak berpolusi dan terkena sinar matahari agar dapat berfotosintesis, tumbuh serta berkembang biak dengan baik.
Manfaat terumbu karang bagi manusia antara lain sebagai berikut:
1.      sebagai tempat hidup ikan yang banyak dibutuhkan manusia.
2.      keindahan bentuk dan warnanya yang menjadikannya sebagai wisata bahari
3.      penelitian dan pemanfaatan biota perairan.
4.      penahan abrasi pantai
5.      sumber keanekaragaman hayati
Jenis-jenis Terumbu Karang
1.      Terumbu Karang Tepi
Merupakan jenis terumbu karang paling sederhana, sering ditemui di pinggir pantai, terletak didaerah tropis. Contoh : Bunaken (Sulawesi), Pantai Panaitan (Banten), Nusa Dua (Bali).
2.      Terumbu Karang Penghalang
Hidupnya lebih jauh dari pinggir pantai, sekitar 0,52 km kearah laut lepas pada kedalaman 75 m. Contoh: Batuan Tengah (Bintan, Kepulauan Riau), Spermonde (Sulawesi Selatan), Kepulauan Banggai (Sulawesi Tengah).
3.      Terumbu Karang Cincin
Terumbu karang cincin atau merupakan terumbu karang yang berbentuk cincin dan berukuran sangat besar menyerupai pulau, banyak ditemukan pada daerah tropis di Samudra Atlantik.
4.      Terumbu Karang Datar
Disebut juga sebagai gosong terumbu atau pulau datar. Terumbu ini tumbuh dari bawah ke atas sampai permukaan dan dalam kurun waktu geologis, membantu pembentukan pulau datar. Contoh: Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Kepulauan Ujung Batu (Aceh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar